Tuesday, January 17, 2012



✿•.❀¸.•❤•.❀.❀❀.•❤•.¸✿ ✿¸.•❤.

❀♥ Renungan buat Kaum Adam ♥❀

✿.❀¸.•❤•.❀ .❀❀.•❤•.¸✿ ✿¸.•❤.




Assallamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.



Bismillahirrahmanirrahiim..


✿.❀¸.•❤•.❀ .❀❀.•❤•.¸✿ ✿¸.•❤.

✿Sahabat Saudaraku fillah..yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala. Akhlaq menurut Imam Abu Hamid Al Ghazali” Ialah Sifat yang melekat dalam jiwa seseorang, yang menjadikan ia mudah bertindak tanpa banyak pertimbangan lagi, atau dengan kata lain Akhlaq adalah dorongan jiwa yang menyebabkan manusia berbuat baik dan buruk.


✿Dorongan yang baik disebut Akhlaq yang baik (Akhlaqul Mahmudah), dan dorongan jiwa yang yang buruk disebut Akhlaq buruk ‘(Akhlaqul Madzmumah). Dari sekian banyak bentuk Akhlaq yang baik, adalah Mu’asyarah bil Ma’ruf”,Memperlakukan pasangan dengan baik.Yakni seorang Suami dituntut untuk dapat memperlakukan dan menghargai Istrinya,memahami perasaan,dan mengetahui kebutuhannya secara keseluruhan.


✿Kebutuhan yang dimaksud tidak hanya berupa materi, tetapi juga dalam bentuk pengertian,penghargaan,cinta dan kasih sayang,serta kebutuhan merasa diperhatikan dan diperlukan. Sejalan dengan ini Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, Menganjurkan kita umatnya, agar senantiasa menyempurnakan iman dan memperbaiki akhlaq,serta senantiasa memperlakukan pasangan dengan baik.


Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :

“Dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu’Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : Orang mukmin yang paling sempurna Imannya,ialah siapa diantara mereka yang paling baik Akhlaqnya (budi pekerti). Adapun yang terbaik diantaramu’Ialah siapa yang paling baik Akhlaqnya kepada Istrinya.”(HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).


✿Sebagaimana kita ketahui bersamaa, wanita sejak awal kejadianya,Diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dari bagian tulang rusuk yang bengkok, bengkok bukan berarti menunjukkan kelemahan,bengkok juga tidaklah menunjukkan bahwa wanita bengkok (jelek),hanya menunjukkan masalah fungsi ,karena laki-laki dan wanita memiliki fungsi yang berbeda.Dalam bahasa Arab bengkok juga dapat diartikan dan bermakna Perasaan, kata hanaa’artinya bengkok juga mengandung makna sayang,kata athfun artinya berlenggag-lenggok saat berjalan, mengandung makna pengasih dan penyayang.


✿Dalam anatomi tubuh manusia,tulang rusuk yang bengkok berfungsi sebagai kerangka yang menyusun kekuatan tubuh, dengan demikian wanita bagian yang dapat membangun dan menegakkan kehidupan,dengan tulang rusuk yang bengkok,maka banyak organ yang lunak terlindungi,sehingga wanita pun dapat melindungi anak-anaknya serta menjaga kehidupan keluarganya.


✿Islam menaruh perhatian khusus kepada wanita,yaitu harus di perlakukan dengan baik, agar jiwanya terbangun dengan kasih sayang dan kesabaran. Kasih dan sayang sepanjang waktu ,dalam mendampingi anak-anaknya dan keluarganya tanpa perasaan tersakiti. Sehingga di harapkan wanita dapat menjalankan fungsinya dengan baik di dalam keluarga,dan mewujudkan rumah tangga yang diliputi dengan ketentraman (Sakinah),penuh rasa cinta (Mawaddah),dan penuh kasih sayang (Warahmah).


✿ Dengan demikian sesuai dengan fitrahnya, wanita dari tulang rusuk laki-laki yang bengkok, karena dekat dengan tangan perlu perlindungan dan bimbingan, sehingga tidak tejatuh dan tergelincir ke lembah dosa,karena pada dasarnya wanita adalah incaran utama godaan syaithan,dekat dengan lisan perlu ditunjukkan neraka, agar terhindar dari siksaan-Nya ,karena dekat dengan hati memerlukan perhatian dan kasih sayang. Dalam salah satu hadits’ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, menganjurkan kita khususnya kaum adam untuk selalu memperlakukan wanita dengan baik,dan saling berpesan berkenan dengan wanita.


Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :

“Dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu’Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : Saling berpesanlah kalian untuk memperlakukan wanita dengan baik, karena sesungguhnya wanita itu dicptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah bagian atasnya.Jika engkau bersikeras untuk meluruskannya, niscaya engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau biarkan, ia akan tetap bengkok,karenanya saling berpesanlah berkenan dengan wanita.”(HR. Bukhari dan Muslim).


✿Semoga manfaat sebagai Renungan buat kita semua,khusunya bagi kaum adam, yang benar haq semua datang-Nya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,Yang kurang dan khilaf mohon sangat dimaafkan ’’Akhirul qalam “Wa tawasau bi al-haq Watawa saubil shabr “.Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala . senantiasa menunjukkan kita pada sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-Nya..Aamiin Allahuma AAmiin.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.