Wednesday, January 25, 2012


MENATA AKHLAQ Menuju Ridha dan Cinta-NYA

Kriteria Calon Istri Idaman


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ya akhi fillah..

Seringkali kita bertanya siapa wanita yang kelak akan mendampingi di kala suka dan duka? Cantikkah dia, sholehahkah dia? Pertanyaan ini makin menarik di kala menyadari bahwa kita ternyata membutuhkan pasangan hidup sebagai tambatan hati.Pada umumnya seorang pria yang baik akan menentukan kriteria calon istri idaman sebagai berikut:

♥ Sholehah

“ Setelah ketaqwaan, tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi sorang laki-laki daripada istri sholehah. Jika dilihat menyenangkan,jika disuruh patuh, jika diberi berterimakasih, jika ditinggalkan menjaga diri dan hartanya.” ( HR. Ibnu Majah ).


♥ Akhlaq Mulia

“ Dengan akhlaq mulia, manusia akan mendapatkan derajat yang tinggi dan posisi yang mulia di akhirat...” ( HR. Ath Thabrani ).


♥ Keturunan

“ Cermatilah dalam memilih istri yang akan menerima nuftahmu , sebab sifat orangtua sangat berpengaruh kepada anak. ( HR. Ibnu Majah ).

Perilaku orang tua sangat berpengaruh terhadap anak karena orang tua adalah guru pertama sedangkan keluarga adalah sekolah perdananya.

♥ Cantik dan Sehat

“ Orang-orang yang berpenyakit jangan menularkan penyakitnya kepada orang-orang sehat.” ( HR.Bukhari ).

Kaum pria memilih istri yang cantik karena menentramkan dan lebih bisa menjaga pandangan dari wanita lain yang tidak halal. Sedangkan kesehatan perlu diperhatikan karena wanita mengemban berbagai tugas baik sebagai istri bagi suami yang melahirkan generasi yang kuat ,sebagai ibu dan guru bagi anak, maka kesehatan yang prima menjadi prioritas.

♥ Berpendidikan, cerdas dan pintar mengurus rumah tangga

Wanita adalah partner pria dalam segala bidang termasuk harus pandai mengelola rumah tangga. Istilah berpendidikan tidak selalu harus diraih di bangku sekolah dengan tingkatan tertentu. Karena banyak hal yang bisa kita pelajari dari sekitar.

Ya akhi fillah...Dalam memilih istri , Rasulullah memberikan kriteria sebagai berikut;

“ Wanita itu dinikahi karena 4 perkara. Karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Pilihlah wanita yang memiliki agama , engkau akan bahagia.” ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Mengapa memilih wanita yang beragama?

Karena agama yang akan menuntun kita kepada kebahagiaan yang sejati. Agama merupakan kunci ketentraman dalam mengarungi samudra rumah tangga. Bagi seorang suami, istri adalah tempat penenang di kala gelisah melanda jiwa, tempat berbagi di kala resah menghimpit hati,tempat berlabuhnya cinta yang halal, sumber kekuatan di kala suami lemah, sebagai pengatur rumah tangga dan merupakan tiang rumah tangga yang paling penting karena ia sebagai pendidik pertama bagi putra-putrinya. Oleh karena itu Islam menganjurkan kepada kaum pria agar memilih wanita sholehah yakni yang mematuhi agama dengan baik.

Ya akhi fillah..sungguh sebuah anugerah yang terindah bagi pria sholeh jika mendapatkan wanita sholehah sebagai istrinya. Karena wanita sholehah bukanlah wanita yang materialistis yang ketika ada uang abang disayang namun jika tak ada uang abang jangan pulang. Karena ia memiliki kesabaran di kala kesulitan melanda, qana’ah dengan apa yang ada dan bersyukur atas segala karunia-Nya karena baginya keridhaan suami adalah di atas segalanya walau ia harus menahan diri dari segala keinginannya.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.