Saturday, January 7, 2012



♥.•*•. ♥ (`'•.¸♥ ¸.•'´) ♥ .•*•.♥

(♥) Nilai Waktu (♥)

♥.•*•. ♥ (`'•.¸♥ ¸.•'´) ♥ .•*•.♥

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah..mari kita renungkan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan sabda
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam berikut ini :


”Demi masa sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.”(Q.S. Al Ashr : 1-3).


" Tidak akan bergeser kedua kaki seorang hamba di hari kiamat , hingga ditanyakan kepadanya empat perkara. Usianya untuk apa dihabiskan, masa mudanya bagaimana ia pergunakan, hartanya dari mana ia dapatkan dan dalam hal apa ia belanjakan, serta ilmunya bagaimana ia memperlakukannya." ( HR. Bazzar dan Thabrani )

“ Orang yang pintar selalu memiliki empat porsi waktu; Pertama, waktu untuk bermunajat kepada Allah. Kedua, introspeksi( menilai diri ). Ketiga, memikirkan ciptaan Allah. Keempat, merawat jasmani ( HR. Ibnu Hibban ).

Saudaraku..waktu adalah kehidupan, oleh karena itu pergunakan sebaik-baiknya.Manfaatkan waktu dengan amal shaleh. Waktu berapapun yang kita miliki adalah wahana ujian untuk membuktikan kualitas diri kita sebagai seorang muslim di hadapan Allah. Karena kelak kita akan mempertanggung jawabkannya.Hilangnya waktu dan iman dalam diri seseorang adalah pertanda lenyapnya kesempatan meraih kemuliaan.



Jika kita sadari sesungguhnya waktu adalah kekayaan yang harganya melebihi nilai uang dan harta benda lainnya. Hilangnya harta benda dapat dicari dengan kerajinan dan berhemat, sedangkan hilangnya waktu dan kesempatan sekali hilang akan tetap hilang karena waktu selalu berjalan ke depan dan tak dapat diputar ulang.Kilatan waktu menyerupai pedang jika kita tak menebasnya maka ia akan menebas kita, jika kita tidak mengendalikan dan mempergunakan secara baik maka ia akan membinasakan kita. Sebab waktu hanya ada dua pilihan ; membangun atau merusak , bermanfaat atau berbahaya , dan menguntungkan atau merugikan.


Saudaraku.. aturlah waktu sedemikian rupa agar kegiatan yang satu dengan yang lainnya saling menunjang. Ambil waktu untuk BERIBADAH kepada Allah karena ia adalah bekal untuk ke NEGERI KEABADIAN . Ambil waktu untuk BERPIKIR karena ia adalah SUMBER KEKUATAN. Ambil waktu untuk BERMAIN dan BERSENDA GURAU karena akan membuat kita MUDA selalu. Ambil waktu untuk MEMBACA karena ia adalah sumber KEBAJIKAN. Ambil waktu untuk MENGASIHI dan MENCINTAI karena ia bagian dari IMAN. Ambil waktu untuk menjalin PERSAUDARAAN karena ia jalan menuju KEBAHAGIAAN. Ambil waktu untuk SEDEKAH dan PEDULI terhadap sesama karena hidup ini terlalu singkat untuk menjadi EGOIS. Dan ambil waktu untuk BEKERJA dan BERUSAHA karena ia adalah modal kita hidup di DUNIA dan di AKHIRAT.



Saudaraku...Sudahkah kita mempergunakan waktu sebaik- baiknya? Kalau belum mari mulai sekarang kita benahi hidup kita dengan pengaturan waktu yang baik agar hidup kita lebih bermakna.. 

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.