Wednesday, January 5, 2011

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Tips Menjaga Agar Rambut Anda Tidak Mudah Rontok
1) Kurangi atau hindari pemakaian shampoo dengan busa yang terlalu banyak. Karena shampoo yang memiliki busa banyak mengandung pH 7 sampai 8 yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5. Ketidakseimbangan pH dapat mengganggu pertumbuhan rambut yang sehat dan menyebabkan rambut rontok. Cobalah mengganti shampoo dengan formula rendah busa, atau gunakan shampoo bayi karena umumnya tidak mengandung detergen.

2) Conditioner bermanfaat untuk melawan sifat rambut yang alkalis. Sifat asam dalam conditioner akan menutup kutikula rambut seperti semula. Conditioner juga memberi minyak pada rambut dan membuatnya lebih bercahaya. Walau sebetulnya rambut memproduksi minyak, tetapi pada rambut yang panjang, minyak tidak sampai pada ujung rambut, dan inilah salah satu guna conditioner.

3) Sering-seringlah memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut. Tundukkan kepala ketika men-shampoo sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak Anda mendapat asupan oksigen lebih baik yang dapat membantu Anda berkonsentrasi dengan lebih baik lagi.

4) Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan Zinc, terutama jika Anda memang kurang mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan. Vitamin B5 dan B6 mengatur produksi sebum, minyak yang melumaskan folikel rambut sehingga menghasilkan batang rambut yang sehat.

5) Kurangi mengkonsumsi kopi dan soda, gantilah dengan minum smoothie buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.

6) Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Rambut yang diwarnai, di-rebonding, dicatok, atau diikat maupun dikeringkan dengan menggunakan hair dryer telah menyiksa rambut Anda sehingga rambut menjadi stres dan lebih rapuh.

7) Hindari stres, karena stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari rokok dan alcohol. Serta hindari diet terlalu ketat atau diet yang tak seimbang, karena kurangnya asupan protein akan mengurangi pula jatah nutrisi protein untuk pertumbuhan rambut


: Tips Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Bagaimana Cara Agar Rambut Cepat Panjang

17 January 2010 11 Comments
Rambut Panjang Titi Kamal Bagaimana Cara Agar Rambut           Cepat Panjang ? Terkadang kita sebagai   perempuan Ingin memiliki rambut panjang dalam waktu relatif singkat, Namun kenyataannya rambut kita hanya akan tumbuh sekitar 3 cm setiap bulannya. Lalu bagaimana cara agar rambut cepat panjang dalam waktu relatif singkat ?
Sebenarnya baik tidaknya pertumbuhan rambut kita tergantung pada beberapa faktor, seperti faktor genetik, kondisi kesehatan dan sebaik apa kita merawat mahkota kita tersebut. Kita tidak mungkin mendapatkan rambut panjang hanya dalam semalam, tetapi setidaknya ada beberapa cara dapat mempercepat proses pertumbuhannya :
1. Gunakan minyak esensial seperti lavender, basil, jelatang dan lemon. Aplikasikan beberapa tetes saja salah satu minyak essential tadi dengan menggunakan pipet pada kulit kepala kita. Lakukan pemijatan lembut pada keseluruhan bagian rambut dan kulit kepala, lalu biarkan semalaman. Pagi harinya, kita tinggal mencuci dan membilasnya hingga bersih.
2. Aturan 8 gelas air putih setiap hari akan membuat kulit dan rambut kita menjadi lebih sehat dan indah. Mendapatkan asupan air yang cukup memang tidak secara langsung akan membuat rambut tumbuh lebih cepat, namun tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mampu mencegah rambut dari ancaman rambut bercabang. Dan itu artinya, kita tak harus merapikan rambut (trimming) secara rutin dan rambut dapat bertumbuh tanpa “gangguan”.
3. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem peredaran darah hingga keseluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Semakin baik peredaran darah kita, maka tandanya semakin banyak pula darah dan nutrisi yang disediakan untuk folikel rambut.
4. Menyisir rambut dengan tepat. Gunakanlah natural boar brush yang memiliki bulu sikatnya yang halus dan lunak pada rambut serta kulit kepala kita. Menyisir dapat menstimulasi proses produksi minyak kulit kepala yang bertugas melumasi rambut dan kulit kepala kita. Jika rambut kita termasuk tipe yang berminyak, hindarilah menyisir terlalu sering karena hal tersbut hanya membuat rambut kita semakin berminyak.
5. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Biasakan untuk mencuci rambut kita secara teratur untuk menghilangkan segala kotoran, debu, dan endapan minyak yang menumpuk pada rambut kita. Keramas dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori di kulit kepala yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, keramas juga merupakan kegiatan pemijatan yang baik pada kulit kepala untuk menstimulasi dan menyediakan jalan rambut baru untuk tumbuh dengan mudah.
6. Memperbanyak asupan protein akan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jenuh dapat memperlambat proses pertumbuhan alami rambut. Makanan seperti telur, yoghurt, kacang almon, kacang mete, dan susu merupakan sumber protein yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut. Kemudian kita bisa optimalkan juga dengan memasukkan makanan yang mengandung vitamin A, B, C, E, zink dan zat besi (seperti daging sapi, bayam, yoghurt, dan ikan) dalam menu harian kita.(Astrid Anastasia)
semoga terjawab sudah pertanyaan Bagaimana Cara Agar Rambut Cepat Panjang melalui artikel ini
di kutip dari : Prevention Indonesia
 

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.