Friday, January 7, 2011


Musik memang sedang digandrungi oleh semua golongan manusia dari yang kaya miskin. dari yang tua ,muda dari anak-anak hingga manula, pria,wanita,hingga waria Malah Ada yang semakin tua semakin mantap saja dan kecintaanya kepada musik semakin besar saja.
     Namun diperbolehkankah MUSIK dalam islam?
     Dan Apa Hukumnya dalam ajaran dan syariat islam yang benar?
Pelan Namun Pasti Musik kini telah merasuk dalam kehidupan kita sadar atau pun tidak sadar ,suka atau pun tidak suka namun sepertinya musik telah mengakar dengan kokoh pada hati kita , terutama pada para remaja mereka selalu memimpikan menjadi pemain musik , Band , dll.
Entah dari mana musik berasal sehingga musik dari dulu hingga sekarang tetap exis dan makin exis aja di dalam kehidupan manusia mungkin musik ada yang diperbolehkan seperti kata Guru Agama disekolah saya yaitu “Musik diperbolehkan asal musik tersebut mengandung puji-pujian kepada Alloh dan Rosullnya” katanya seperti shallawat narniah sholawat tersebut dibuat oleh seorang wanita pada zaman rosul karena saking cintanya kepada Nabi Muhammad SAW sehingga setiap kali mendengar nama Nabi Muhammad SAW dia selalu bersenandung tentang sholawat ini yang sampai saat ini kita kenal dengan sholawat narniah. He..he… tunggu dulu apakah saat ini musik mengandung unsure memuji Allah ataupun RosullNya? coba kamu amati

aja lagu-lagu HITS saat ini apa isinya??yuuups anda benar PASTI isinya tentang CINTA ! Boleh – Boleh aja asal CINTA nya ditujukan Pada Sang Pencipta dan Rosull-Nya, la kalau syair lagu sekarang CINTA nya pada siapa coba tebak? Ya anda benar lagi cintanya tu pada Lawan Jenis yang cenderung liriknya tu berbau sexsual gak percaya ni ada penggalan lirik lagu “ingin ku ciumi bibirmu hingga kau lebam” cup….cups…wah…wah…g bener ni secara terang-terangan dia membuat syair seperti ini? Mungkin si itu karya orang jadi ya kita hargai ajalah tapi jangan mempraktekanya pada pacar mu inget nikah dulu !
Nah mari kita jawab pertanyaan yang pertama coba kita kaji bersama mungkin ada hikmahnya buat kita semua dan semoga dapat bermanfaat untuk kalian
  •      Namun diperbolehkankah MUSIK dalam islam?
Tadi kalau kata Guru saya ada yang boleh tapi kita akan membahas MUSIK secara GLOBAL ya musik saat ini kebanyakan bersairkan tentang Cinta pada lawan jenis padahal jaman para sahabat dulu yang moralnya sangat bagus dan mungkin istimewa dibanding saat ini ada seseorang yang suka bersyair tentang cinta itu langsung diperingati oleh Rosull dan ada suatu hadist yang menyebutkan sebagai berikut “ Ada Zaman dimana Manusia menghalalkan khamr,zina,sutra dan MUSIK “ kata menghalalkan berarti hal-hal yang disebutkan didepan haram kalau khamr sudah Pasti Haram ,ZINA juga haram ,SUTRA < bagi laki-laki>juga haram ,begitu pula dengan musik tapi mengapa kalian masih saja mengelak kalau kalian menghalalkan MUSIK berarti sama saja menyalahkan Nabi Muhammad SAW dan membuat hokum baru padahal islam itu sudah sempurna dan sudah jelas apa-apa yang dilarang dan apa-apa yang diperbolehkan?kalau kamu menklaim musik itu tidak haram berarti kamu mengada – ada ,setiap yang mengada – ada adalah Bid’ah dan setiap yang Bid’ah adalah Sesat dan setiap yang sesat masuk dalam Neraka. Wah ujung-ujungnya neraka ya itu memang tempat sesuatu yang sesat ya dineraka.
Aduch kenapa si musik itu haram? Pertanyaan ini pasti yang akan muncul dan seakan tidak percaya , dan gak mau mempercayainya dan seolah – olah ingin menentangnya jika kau menentang itu maka secara gamblang kamu juga menentang agamu sendiri donk??
dan banyak pula yang mengatakan musik juga bagia dari hidup katanya hidup tanpa musik itu hampa!
Berarti kamu mengartikan hidup tanpa musik itu sudah kacau ya kamu SALAH besar ada suatu hadist yang berbunyi seperti dibawah ini :
Zmerajalela alat muzik."Pada akhir zaman akan terjadi tanah runtuh, rusuhan dan perubahan muka."Ada yang bertanya kepada Rasulullah;"Wahai Rasulullah bila hal ini terjadi?" Baginda menjawab;"Apabila telah bermaharajalela bunyi-bunyian (muzik) dan penyanyi-penyanyi wanita" - Ibnu MajahZ

Pantes aja zaman sekarang banyak terjadi Bencana Alam , yang mengundang bencana tersebut ya mereka sendiri yang dengan bangganya memainkan alat musik,Dan Jawaban tersebut ternyata sudah terbukti pada zaman sekarang saat musik sudah merajalela dimana – mana ada dikota,didesa dan lainya pantes aja banyak kerusuhan,
Contoh aja pada jaman sekarang pada acara – acara musik seperti yang masih hangat ditelinga kita yaitu pas konser musik ungu di PEKALONGAN tidak usah jauh – jauh lah banyak orang yang mati karena rusuh melihat acara atau pun mendengar lagu – lagu mereka yang mengantar\kan mereka dalam lubang kubur mereka siapa yang salah mau salahkan temen-temen yang ikut menonton apa mau menyalahkan siapa?? Yang jelas salah semua memang benar musik itu mendatangkan kerusuhan bukti fakta dan sering disetiap acara musik pasti ada perkelahian dan banyak pula yang memicu tawuran tidak jauh – jauhlah mencari contohnya saya sendiri pernah pas Zaman SMP dulu waktu belum tau apa hukum musik dalam islam “gini ceritanya tat kala itu saya duduk di bangku SMP kelas 3 karena saya Bosan dirumah menunggu hasil UN, akhirnya saya memutuskan main kerumah teman dan pas waktu itu ndilalah temen aku mengajak aku liyat acara Band disuatu daerah, yah saya karena baru pertama kali ikut atau melihat acara gituan ya tanpa piker panjang aku langsung ikut aja ya buwat ngilangin rasa setres lah nunggu detik-detik LULUSAN yang tinggal berapa hari lagi tapi setelah ditempat yang acara tersebut aku lihat kerumunan pemuda banyak sedang berjoget diatas panggung karena saya baru pertama kali liyat acara gituan saya Cuma berdiam dibelakang sambil liyatin orang – orang yang sedang asyik berjoget tapi tiba kerumunan pemuda tersebut saling adu jotos karena mungkin keasyikan denger lagune kali wih aku juga kagum ada yang kepalanya ampe bocor ditimpuk batu wah ternyata musik itu berbahaya ya dengerin musik sambil ngrasain sentuhan dari batu yang terus meluncur kaya ujan aku pun juga terkena imbasnya da batu kecil yang hampir mendarat dikepala untung saja saya menghindar jadi alhamdulilah terselamatkan” apa pelajaran yang bisa dipetik dari cerita Ku itu ? ya benar musik itu menimbulkan kerusuhan, permusuhan dan kita juga akan terkena imbasnya walau hanya mendekatinya betapa bahayanya musik itu.???
Sering kita jumpai bahkan kita sendiri tanpa sadar kita sedang melantunkan lagu-lagu favorit kita yang itu berarti kita selalu ingat pada musik dan terus teringat pada musik dan lagu padahal kita harus selalu mengingat Allah , jarang dan langka pemuda sekarang bila sedang santai ya setidaknya baca tahlil apa apa , tapi kita sering dan hampir semua termasuk saya bila waktu-waktu santai kita melantunkan lagu – lagu favorit ya gak? Padahal kita bisa manfaatkan waktu itu untuk berdzikir karena pahalanya besar lo
Seperti Pada Hadist Berikut :
“ Dua kalimat ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan dan disukai oleh (Allah) Arrohman, yaitu kalimat: "Subhanallah wabihamdihi, subhanallahil 'Adzhim" (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha suci Allah yang Maha Agung). (HR. Bukhari)”
Seandainya kita bisa mengganti kata – kata atau lagu favoritkita dengan dua bacaan tersebut sungguh mulianya kita . sesungguhnya si kita bisa tapi banyak alasan minderlah da GAUL lah atau apalah tapi emang GAUL yang akan menentukan nasib kita diakhirat kelak nggakan yang akan menentukan nasib kita di akhirat kelak adalah amalan kita .
Satu hal lagi kenapa orang – orang zaman sekarang sering banget melantunkan lagu –lagu favorit mereka dibanding dengan berdzikir jawabanya pada diri kita sendiri dan lingkungan kita sendiri lo.. gimana semua ini terjadi pada kita sejak usia balita kita sudah mulai dikenalkan dengan yang namanya musik coba liyat, baca dan dengarkan ,diradio acara yang paling sering acara apa pasti acara musik ntah itu musik Daerah atupun Band dan lagu lagu Hits , di TV wah makin banyaka aja acara yang menyuguhkan tentang musik , yang lebih parahnya lagi di majalah yang seharusnya tidak ada musiknya malah disitu ada lirik lagu plus akordnya wah…wah… kayaknya kita tidak bisa menghindar dari musik mungkin bisa tapi dihutan dan digunung lah tidak ada yang namanya musik.lebih parahnya lagi anak – anak sudah dikenalkan dengan musik dan tanpa ada pengawasan orang tua sehingga mereka mendengarkan lagu dewasa yang kebanyakan membahasa tentang cinta yang mengakibatkan anak kecil sudah dewasa sebelum waktunya dan kebanyakan dari mereka acuh pada hal tersebut dan parahnya lagi si anak tidak diajarkan tentang agama sehingga banyak anak – anak muda sekarang mengaku islam tapi ditanya tentang islam malah tidak tahu yang dia tahu islam dari nenek moyangnya tanpa ada rasa ingin mempelajari dan mengamalkan islam berdasarkan Al Kitab dan As sunah memang pemuda islam sekarang sudah kehilangan jati diri mereka sendiri buktinya mereka mengaku islam tapi berboncengan dengan lawan jenis yang bukan makhrom.
Seperti halnya agama musik juga memiliki aliran sendiri seperti POP , ROCK,POP ALTERNATIFE , HARD ROCK , UNDER GROUND, BLACK METAL, PUNK,REGGAE dan lain – lain yang secara otomatis bagi penganut aliran musik tersebut memilik cirri khas tersendiri seperti PUNK dengan rambut kayak duri ,terus kalau reggae rambut gimbal yang mempengaruhi kehidupan fans –fans nya mereke cenderung meniru tokoh idolanya seperti para rastamania atau reggae mereka mengikuti idola mereka Bob marley dengan topi hijau kuning mereh dan rambut gimbal mereka tiru dan tidak sedikit diantara mereka beragama islam memangnya bob marley agamanya islam? Kuq kalian ikut ikutan gaya mereka dan mereka meniru gaya bob marley hingga menyerupai dia padahal ada hadist yang menyatakan sebagai berikut :
Barangsiapa meniru - niru suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka." (HR. Abu daud)
Kalau mereka memang mengaku islam tapi kenapa mereka meniru bob marley berarti mereka memang kaumnya bob marley masa Allah dan mereka bukan lagi kaum Nabi Muhammad SAW sungguh musik memang benar – benar menyesatkan .
So apa pilihan lhoe…

3 comments:

  1. Are you happy with the trendy or celebrity style at this time, all in our blog, please go and read the schedule fashion show to be held in the entire universe of this world.
    sobat blogger, blog anda juga memberikan informasi yang mantab and important for readers.. sekarang what you are also bagaimana dengan my blog ... see info selebritisnya pasti muantabbb juga....

    ReplyDelete
  2. Are you happy with the trendy or celebrity style at this time, all in our blog, please go and read the schedule fashion show to be held in the entire universe of this world.
    sobat blogger, blog anda juga memberikan informasi yang mantab and important for readers.. sekarang what you are also bagaimana dengan my blog ... see info selebritisnya pasti muantabbb juga....

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.