Tuesday, August 14, 2012


REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Rute jalur mudik khusus sepeda motor di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan diubah pada musim mudik Lebaran 2012. Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi da Informatika Karawang, Rochuyun, Sabtu (28/7).

"Pada musim mudik tahun-tahun sebelumnya, rute jalur mudik sepeda motor berawal dari wilayah Johar sampai Cikalong menuju jalur Pantura. Tetapi untuk musim mudik tahun ini, pemudik bersepeda motor tidak akan keluar melalui Cikalong, tetapi akan keluar melalui Ciasem untuk ke jalur Pantura," katanya, di Karawang.

Pemudik bersepeda motor dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju Jawa Tengah itu nantinya akan melintasi jalan raya By Pass Karawang, melewati Gedung DPRD setempat. Dari jalan tersebut akan diarahkan melewati jalan satu arah, yakni jalan sisi irigasi menuju Lamaran.

Dari Lamaran, para pemudik menuju pertigaan Krasak. Selanjutnya, diarahkan ke kiri menuju Blanakan dan keluar di Ciasem untuk tembus ke jalur Pantura Subang.
Sedangkan pada musim mudik tahun lalu, dari pertigaan Krasak, pemudik bersepeda motor diarahkan ke kanan menuju Cikalong.

Menurutnya, terkait dengan perubahan rute jalur mudik lebaran 2012 khusus pemudik bersepeda motor itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karawang akan menyiapkan berbagai papan petunjuk arah. Hal itu untuk membantu para pemudik bersepeda motor melintasi rute mudik yang baru itu.

Kasatlantas Polres Karawang, AKP Wadi Sa'bani, mengatakan, terdapat permasalahan terkait dengan rute yang baru itu, yakni terdapat jalan raya sepanjang sekitar 3 kilometer di wilayah Blanakan yang kondisinya rusak parah. Kini pihaknya tengah menunggu Dinas Bina Marga setempat untuk segera memperbaiki jalan raya yang akan dilintasi para pemudik khusus sepeda motor itu.

"Jika pada waktunya nanti, jalan ke Blanakan yang tembus ke arah Pantura Subang masih rusak, terpaksa rute sepeda motor tetap melintasi Cikalong yang tembus ke Pantura Karawang," kata Wadi.

Redaktur: Karta Raharja Ucu
Sumber: Antara

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.