Monday, November 28, 2011

Petunjuk Arah Dari Hiasan Langit

Jika ada kesempatan, cobalah untuk melihat langit malam yang cerah. Berjuta bintang tampak berkedip menghiasi langit. Begitu banyaknya hingga kita tak mampu menghitungnya. Bintang adalah hiasan langit yang amat indah.

Namun, jika kita perhatikan lebih teliti, tebaran bintang-bintang itu ada yang menyerupai bentuk-bentuk tertentu. Dan tahukah anda, bentuk-bentuk tersebut, atau kita namakan dengan rasi bintang (konstelasi), adalah alat navigasi bagi para pelaut atau pengembara, sebelum ada alat-alat navigasi modern.

Mari kita perhatikan dengan seksama.

Dilangit utara, kita akan melihat gugusan bintang Ursa Mayor, kita mengenalnya dengan rasi biduk atau beruang besar. Rasi terlihat seperti cangkir dengan gagang yang besar. Gugusan bintang ini dapat memperlihatkan kepada kita dimana letak Polaris atau bintang Utara (North Start). Bintang utara selalu menunjukan arah utara.

Dilangit selatan, kita dapat menemukan rasi bintang yang bentuknya menyerupai layang-layang. Itulah rasi bintang Crux. Jika kita menarik garis antara bintang yang paling atas dan yang paling bawah, maka kita akan menemukan arah selatan.

Bintang adalah karunia yang besar bagi manusia. Allah SWT telah memberikanya pada sebagai petunjuk arah bagi kita. Para pelaut dan penjelajah jaman dahulu, menggunakan bintang untuk jalan mereka. Bintang membuktikan pada kita bahwa Allah adalah dzat yang Maha Kuasa, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang.

“Dan dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya kami Telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (kami) kepada orang-orang yang Mengetahui” (QS. Al-Anam:97)

Sumber: Ar-Risalah/No.92/Vol. VIII/8 Safar- Robi’ul awal 1430 H/ Februari 2009/ Kauniyah

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.